Halaman

Selamat Datang!

Saya seseorang yang sangat menyukai hal hal tentang dunia mistis, walaupun saya seorang penakut.

Kamis, 18 April 2013

Road To 104.7FM Bandung

Haloo guys, sudah lamaaaaaaa banget gue ga posting cerita. Sebenernya sayang banget kalo harus liat blog gua sepi, ga ada update an baru. Tapi mau dimana lagi bero, karena kesibukan yang padat jadi waktu buat online berkurang.
Sebenernya banyaaakk banget cerita yang udah gue alamin selama kurang lebih 4 bulan ini. Mulai dari karir gue, kehidupan asmara gue, sampe kantong yang sampe sekarang belum bisa ngantongin duit 10 juta rupiah hasil sendiri. Haaaahh... Memang bener bero, hidup itu keras, sekeras karang yang menerjang ombak. <<< (Ini kebalik kayanya?).

1 Januari 2013.. Yah di awal tahun ini ga banyak sih perubahan yang gua alamin. Kehidupan monoton yang selalu ngebuat gue ga betah lama lama di kota ini. Sampai pada akhirnya, gue selalu bilang ke orang tua gue kalo gue mau pergi dan cari pengalaman di Bandung. Kota yang disebut Parahiyangan, tempat semua kehidupan modern berada selain di Jakarta.

Pada awalnya, orang tua gue (khususnya nyokap) ga pernah buat ngijinin gue pergi dari rumah. Alesannya gue ini manjalah (emang...), gue ini ga bisa jaga dirilah (emang...), males lah (apalage...), mungkin cuma bisa nyusahin orang. Tapi mak, masa iya harus di biarin kaya gini? siapa tau kalo saya ke Bandung, saya bakal jauh lebih putih kulitnya? jadi lebih ganteng pastinya? dan jauh jauh dari rumah (ga bikin repot maksudnya).

Yah.... Yang namanya orang tua, kalo di kasih keyakinan bakal luluh juga. Walaupun cuma sementara. Akhirnya gue di ijinin sama nyokap buat pergi ke Bandung. Awal awal mau pergi gue bingung, soalnya gue ga ada pegangan uang sama sekali. Terpaksa, HP Galfit kesayangan gue harus gue jual. Tapi untungnya di jual sama pakde gue, jadi gue bisalah sekali kali minjem kalo ketemu lagi. haha~

Perjalanan gue ke Bandung ga sendirian sob, gue ditemani dengan rekan gue yang bernama Heru Syahputra. Rekan sesama penyiar radio yang pingin mencoba peruntungan nasib di kota kembang itu. Perjalanan dimulai dari tanggal 5 Februari 2013, dan besoknya sudah sampai di Bandung. Dengan membawa modal 1.200K gue berusaha buat cari pengalaman sebanyak mungkin disana.

===================================================================


Pagi itu pukul 7, Sebuah bus Bima Sakti baru tiba di terminal Leuwi Panjang Bandung. Gue yang selama di mobil sms an dengan "doi" (Ciaaaa... sekarang udah jadi doi tjuy gadis cimahi ber-inisial J nya), langsung turun dari bus yang berwarna kuning ke emasan itu. Memang gue dengan doi uda janjian, kalo doi mau jemput gue dan heru di terminal. Setelah ketemuan dengan doi, kamipun langsung pergi ke tempat tujuan pertama kami. Yap tempat oom gue (kalo sama heru mah kakak adek) itu tinggal. Tempatnya si di Buah Batu. Dengan menaiki angkot merah nomor 5 kami langsung tancap gas kesana.

Sekedar info, gue bukan pertama kali ke tempat oom gue, soalnya desember 2012 kemaren, gue juga pernah kebandung untuk menjalani tes interview dengan salah satu radio di Bandung. Sebut saja Paramuda Radio. Dan memang, gue gagal untuk masuk kesana. Tapi yasudah lah, lagian bukan kiamat kalo ga masuk ke radio itu. Itung itung liburan sambil minum air. (MENYELAM WOIII...!!!) eh iya, ga nyambung juga kok~

setelah sampai ditempat om, gue langsung numpang mandi, karena badan gue uda lengket karena dari kemaren belum mandi. Iyuuhh~ Oh iya, sebenernya itu bukan tempat oom gue bero, jadi gini.........

Om gue waktu masih di Lampung, dia pernah punya temen yg nama panggilannya A**, nah terus temennya itu pindah ke Jakarta, dan sekarang pindah ke Bandung. Jadi oom gue bukan rumah sendiri, kasar katanya masih numpang di rumah A** yang di Bandung...

"lanjut kecerita" habis selesai mandi, gue dikasi tau oom gue kalo ada acara Job Fair 2013 di daerah Braga. Dan gue pun di tawarin untuk pergi ketempat itu. Okelah, daripada ga ada kerjaan, terus doi gue bete, mending cabrut kesana. Bermodalkan hape doi untuk petunjuk arah kami nekat aja untuk pergi kesana, tapi memang, doi gue sudah sedikit hafal dengan jalanan di Bandung ya walaupun ga semuanya.

Oke, kalo gue ceritain semua aktivitas di Bandung, kebanyakan kali ya. Pokoknya seminggu gue disana gue belum dapet kerjaan apapun, yang ada malah disuruh ikutan gabung di perusahaan asuransi yang gambar nya dewi bawah panah. Tapi yah, lagi lagi sekedar cuma buat pengalaman, it's ok! Seminggu ga dapet gawe, memutuskan gue untuk berkunjung tempat sepupu gue di Depok. Yah sambil menyelam minum tajin siapa tau malah dapet kerjaan disana.

Waktu uda sampe depok, bukan kerjaan atau pengalaman yang gue dapet, yg ada gue ga dapet apa apa cuma nungguin rumah sambil telponan. Kampretos banget dah, sepupu gue yg bilang "ah gampang kalo masalah kerjaan, ntar kita cari" itu malah ga pernah ada waktu, sampe pernah waktu malem minggu, gue ditinggal mingguan sama dia buat pacarnya? Setran ga? wah pokoknya gue sedikit kapok deh maen kesana dan kecewa sama sepupu gue.

Di depok ga sampe 3 hari, gue cabut lagi ke Bandung.. Kali ini oom gue nawarin kerjaan di salah satu mall khusus HP di jalan Padjajaran nomor berapa lupa dah. Kerjaan nya simple bero, jadi Front Liner di counter Blackngeri sama apel keroak. Tapi yang bikin trak tak dung ces, masuk jam 10 pagi, balik jam 10 malem. Wow, fantastic baby... Jl. Padjajaran sama Buah Batu itu jaoh ga sih? yang bilang ga jaoh, gue sambit pake sempak krokodel neh.

Eh sob, gue ngetik ini sambil nyium bau bangke lho, lu yg baca uda mandi belum..? dihh yg belum jorok.. pasti keteknya benyek. *ngik

Oke jauh kan jaraknya? (yang orang bandung pasti tau). Jadi gue agak kesiksa waktu pulang kerja nya. Disuruh ngekost? udah pasti mau, tapi duit gue menipis sob, masa iya gue jual hape gue lagi? nanti makan pake apa dong? << *lah. Jadi mau gamau gue coba buat bertahan. Tapi yah, akhirnya gue mundur juga dan minta kerjaan laen sama oom gue.

Singkat cerita, gue uda mau nyerah. Duit menipis, homesick selalu dateng, wah pokoknya udah mau ngibarin kolor putih dah. Sampe akhirnya oom gue masukin cv gue ke salah satu radio ternama di Bandung. Yap orang bandung pasti tau kan Radio Rama, biang nya radio dangdut Bandung. Hell yah, jadi penyiar dangdut gue, bakal ke asah dong jiwa ke alayan gue, bentar lagi gue bakal berubah dengan dandanan celana ketat, sampe sleting nya nonjol, baju kaos ketat sampe pentilnya ngecap karna basah, dan.... aaarrrgghhh di benak gue jadi penyiar di radio dangdut itu ga enak. ntar malah jadi alay akut. hiiiii..

TAPI PEMIKIRAN GUE SALAH PEMIRSA, memang ada penyiar bandung yg kaya gitu, tapi ga semua. Lagian itu juga tergantung pribadi masing masing, kebawa apa engga dengan aliran hitam ke kuning kuningan kaya gitu (mirip eek yg lagi bebelan). Dan rupanya di Radio Rama itu ga full dari pagi ketemu pagi lagi isi nya dangdut. Rupanya ada program Pop Indonesia nya juga. ALHAMDULILLAH!!! Dengan semangat gue yg masih tersisa, akhirnya gue dateng ke radio itu buat take vocal. Yang nanti nya suara gue itu bakal jadi bahan seleksi owner radio nya.

Dan pada akhirnya, gue disuruh oom gue buat nemuin MD radio itu. Nama panggilannya Bunda Latrie, tapi biasa di panggil bunda gapake H. Waktu ketemu beliau, gue langsung aja di training, "lah emang nya keterima?" Batin gue. Yaudin, gue langsung berkenalan dengan salah satu penyiar yang namanya Abhay Rama Hasan. Doi kaya nya paling senior di radio itu, soalnya gue liat dia uda berakar di kursi penyiarnya. hahaha (becanda a').

Training pertama gue, cuma di ajarin teknik mixing. Jadi perkenalan dengan mixer radio, program radio, dan gimana caranya siaran model Radio Rama. Ya gue bener bener dapet pengalaman berharga banget waktu disana. Soalnya Radio Rama itu radio terkenal di Bandung. Dari mamang becak, tukang somay, nasi uduk, nasi gudeg, tukang bangunan, anak muda, anak tua, anak sedeng sedeng aja, pada dengerin dan juga suka dengan Radio itu. Jadi gue rada grogi juga sih, radio umum nomor 1 (menurut gue) di Bandung, dan gue mau jadi penyiar disana? Wow fantastic ba......(*plak bosen). Aa' Abhay ngasi tau semua ilmu ilmu yg dia punya, dari teknik vocal, pengolahan kata, sampai ekspresi muka waktu siaran juga dikasitau. (bener bener guru yg baik).

Hari kedua, gue diminta bunda untuk training dengan seorang penyiar bernama Ricky Luven, cowo berbadan gemuk, dengan rambut pirang dan mempunyai ciri khas ketawa yang.... ah mariah carey mah lewat suaranya. Awalnya gue grogi di mentorin sama doi, tapi rupanya dia orang nya periang, bersahabat, dan sedikit (++...) lebay. hahahaha.. Dengan dia, gue juga dapet banyak banget pelajaran untuk menjadi seorang broadcaster.

Yap, setelah kurang lebih 4 hari training mixing, tibalah saatnya gue di coba untuk ngemeng di depan mix. Wah gejolak gerogi ga bisa gue tutupin, bawaan nya pingin pipis aja. Cerita sama pacar, pacar bilang "yaudah santai aja, kan uda sering di Lampung?" iya sih uda sering di lampung, tapi ini kan Bandung sayang, banyak yang lebih hebat! -__-
Sebelum siaran, gue ngabisin waktu sama doi. Sampe sorenya, kami mampir ke k*c buat makan, sambil latihan siaran. Sore itu ujan nya gede banget bero, sampe malem kita kejebak di k*c itu. Setelah lumayan reda kami pulang, dan perasaan grogi gue nongol lagi untuk siaran perdana.

Jam 9 malem pas, gue pamitan dgn oom gue sambil minjem motor doi. Sepanjang jalan, gue komat kamit ngapalin kata kata buat gue siaran ntar. "104,7 Rama FM Bandung Geboy Mania Biang nya Radio Dangdut Bandung, bla...blaa...blaa" mulut gue ga berenti buat nge hafalin itu sama kata kata lainnya.

Ciiiiitttt.... Rem motor di belakang gue bunyi keras, dan guepun cuek. *GAPENTING!!!

Ngik, motor gue pun sampe di radio rama, radio yang beralamat di jalan muara selatan itu sudah siap menyambut gue. Disinilah skill gue di buktikan, apakah gue bertahan, apa langsung di kick. Awal masuk ke radio, ada aa Bagas, dan teh Dea yg lagi duduk. Disini gue langsung membuka omongan, "wah dingin nya bikin tambah grogi ya " kata gue sambil buka celana beserta kolor kolornya. <== #mahodetected. Maksudnya buka jaket terus duduk di kompor (kursi). "Ngapain grogi, pede aja kali. Anggep aja ga ada yang denger" kata teh Dea. (Emang enak yang uda biasa, bisa ngomong gitu, lah gue newbie mana bisa tenang). "Emang nama udara kamu apa gus?" tanya aa' bagas. Gue yang uda tanya tanya sama oom gue sebelum berangkat, memastikan nama udara gue Nino Rama Junior! *towewewew namanya mirip grup boiban.

"Nino Rama Junior a' " kata gue penuh percaya diri. "ih Junior? mirip nama penyiar Rama yang lain tu, tapi nama dia Juniar, ganti ah" suruh aa bagas se-enak jempolnya. Gue bingung dong pemirsah? make nama apa lagi yang keren. masa gue pake nama Nino Rama Sebastian? <== (malah mirip nama anggota boiban maho indo -.-). Akhirnya gue sms oom gue, dan dia bales, pake aja nama Nino Rama Sadewa. Karena waktu siaran udah sebentar lagi, gue langsung aja pake nama itu, yap Nino Rama Sadewa! Jam 9 lewat 55 menit, waktunya gue siaran pun TIBA!!! Ah grogi gue keliatan banget, soalnya tangan gue gemeter sendiri, dengkul juga, perut juga, bawahnya perut juga. Semua uda gue persiapin, dari jingle 24 jam, sampe jingle maret udah, dan tibalah saatnya ngomong.


"104,7 Rama FM Bandung Geboy Mania Biang nya Radio Dangdut Bandung, inget bandung inget rama, mari bung geboy kembali, Assalamualaikum selamat malam sahabat Rama, cuaca malem ini dingin banget yah, cocoknya dingin dingin gini dengerin Indonesia Rama bareng Nino Rama Sadewa sama OPP Doni. untuk tanggal 20 maret 2013. Dan sampai jam 12 malem ya. Yuk ah Geboy!!"


*HENING!!
Hosh... hossh... hossh... gileeee, baru sekali ngemeng gue uda ngos ngos an tjuy? dan sebenernya kata kata nya lebih semrawut dari pada yg gue tulis itu sih. Acak acak banget. pokoknya gue on air sampe jam 12 malem, dan ada sesuatu kebiasaan gue yang berbahaya ketika di Bandung, yaitu menyapa seseorang pendengar dengan diberi kata "Si".
"Selamat malam buat si tika di kopo, malem ini si tika mau geboy buat temen temen sekolahnya dan buat guru guru di sma bla bla bla... Okay, terimakasih buat tika, mudah mudahan si tika bisa mimpi indah ya, hehehe" Woi bolot, gimana orang bisa mimpi indah kalo lo barusan ngatain dia seperti binatang?! Yap, di Bandung (orang sunda) kata "SI" itu memang KASAR Na'uzubillah~ Di ibaratkan ngatain orang pake "SI" itu, ngatain dia layaknya binatang. (jadi SI itu biasa buat binatang). Wadoh, mampus dah gue, bakal langsung di kick tajong gue. Aaaaaarrgghhh.. (Perhatian! buat pemirsah yang mau merantau ke Bandung, dan bagi yang belum tau, jangan make kata kata itu ya, nanti kamu langsung di ludahin) hahahha...

Yap setelah on air sampe jam 12 malem, gue ga dibolehin pulang dulu sama aa bagas, soalnya dia mau koreksi kesalahan kesalahan gue. Emang sih, waktu mau siaran gue minta tolong ke dia buat ngoreksi siaran gue. Aa Bagas yang tugas siaran setelah gue, melakukan tugasnya dulu buat opening, abis opening baru dia ngasih wejangan ke gue. Dia bilang, gue terlalu banyak make kata "SI", lebih dari 10 kali gue make kata itu ._. terus, banyak kata kata sampah, dan yang terpenting katanya yuk ah geboy nya itu kurang HOT!!! We O We banget sih? haruskah gue bilang Yuk ah Geboy sambil nari stipis di mix radio terus ndesah ndesah kaya lagi push up tapi ada orang laen dibawahnya? gue hampir koprol denger aa bagas bilang gitu~ Hemmm..... yasudahlah, ini takdir gue, harus menjadi manusia pendesah desah. ah.. ah..!! Aaaaaaaaaaa gue Ilfeeeeeeeeeeeeeeelllll!!! *plak ditabok ciki cup cup*

Akhirnya gue pulang, nasehat aa bagas slalu gue inget. Di jalan gue uda pasrah, bakal di kick besok. Tapi salah saudara saudara, yang ada gue malah disuruh lanjut siaran lagi untuk kali keduanya. Hari kedua, gue sudah lumayan lebih relax daripada hari pertama, hari ketiga jauh lebih relax dan gue udah bisa nyempilin bulu ketek gue di mix radio <== bego, maksudnya uda bisa nyempilin hal hal lucu waktu on air.


Yah pada akhirnya, keluarga gue di Lampung merindukan gue. Baik dari orangtua, teman teman, semua pada nge demo kantor DPRD Lampung Utara cuma demi balikin gue ke Lampung lagi. Ditambah gue juga uda homesick banget, jadilah gue memilih buat back to home. Siaran di radio rama memang bener bener buat gue nambah pengetahuan tentang dunia broadcasting. Dan juga memang bener, untuk menjadi seorang presenter tv, atau artis, itu salah satu cara gampang nya adalah menjadi penyiar radio. Ga kebayang kalo gue artis, pemirsa pemirsa yang lagi baca ini, bisa gue sangonin 10 ribu tiap bulan. (dih tiap bulan) (biarin, daripada tiap tahun?) oke, cukup gue ngomong sendirinya.

Ya itulah cerita gue selama di Bandung, sebenernya banyak banget sih cerita gue disana yang ga gue tulis, tapi mungkin itu sebagian yang gue anggap perlu gue bagi. Sorry kalo ga ada pict, ya soalnya ga ada hape camera bero... Dan mohon maaf bila ada salah kata, ambil tontonan positif dari tayangan ini, buang yang tidak baik, saksikan terus Nightmare Side, setiap Kamis malam jumat, jam 10.20 malam. Hanya di Opera Van Java, Mantaaaappp!!!!

Tidak ada komentar: